Powered By Blogger

Minggu, 06 Oktober 2013

ALAT PENDETEKSI KADAR AIR DAGING SAPI BERBASIS MIKROKONTROLER AVR ATMEGA16

Alat pendeteksi kadar air daging dengan menggunakan AVR ATMEGA16 untuk perencanaan programnya. Alat pendeteksi ini menggunakan 2 buah elektroda logam sebagai sensornya dengan. Kemudian tegangan dari elektroda dikuatkan oleh Op-Amp dan diubah ke digital dengan menggunakan ADC internal dari mikrokontroler. Data dari ADC disimpan dan diproses di dalam Mikrokontroler AVR ATMEGA16. Hasilnya ditampilkan dalam bentuk display LCD berupa parameter atau angka tingkat kadar air .


Peralatan :
1.      Sensor Elektroda tembaga atau kuningan yang disterilkan dengan alcohol
2.      Mikrokontroler AT MEGA 16
3.      ADC internal 10 Bit
4.      LCD
5.      Power Supply
6.      Pengkondisi sensor
7.      probe tembaga kemudian pada sisi yang lain arus yang mengalir kita ukur. KADAR AIR mempengaruhi resistansi pada daging. Resistansi ini jika dilewati arus akan mengakibatkan perubahan Mini Power Cuurent injector

Prinsip kerja sitem adalah dengan menginjeksikan arus ke DAGING dengan menggunakan nilai arus terukur.Oleh karena itu dapat menjadi indikasi nilai kadar air normal atau tidak.
Nilai tegangan dari output probe kemudian dimasukkan ke mikrokontroler setelah sebelumnya melalui penguat dan ADC. Selanjutnya mikrokontroler akan mengolah menjadi nilai kadar air. 

2 komentar: